Rabu, 14 Desember 2016

Kotaku Pematang Siantar


KOTAKU PEMATANGSIANTAR
Pematangsiantar adalah kotaku, terletak di Sumatera Utara sekitar 4 jam dari Medan dan sekitar 1jam dari Danau Toba. Di pematangsiantar, aku tinggal di Perkebunan PTPN IV Marihat Ulu. Kotaku adalah termasuk kota dengan udara dingin. Kotaku tidak begitu luas, namun banyak terdapat tempat wisata yang lumayan dikenal di daerah sekitar ini. Di kotaku ini terdapat agama muslim, kristiani, dan juga ada yang beragama buddha.
Kebun Binatang dikotaku juga sangat terkenal. Orang-orang dari berbagai kota datang untuk mengunjunginya. Kebun binatang ini juga luas dengan binatang yang sangat lengkap didalamnya. Mulai dari ular dengan banyak jenis, buaya, harimau, singa, dll bahkan hewan langka seperti komodo pun ada disana. Ada juga berbagai macam burung dengan suaranya masing-masing dengan warna bulu yang bermacam-macam. Terdapat juga berbagai jenis pohon besar yang sangat indah sehingga terasa sejuk jika berada didalamnya. Didalamnya juga terdapat permainan flying fox tepatnya melewati kandang buaya. Ada juga berbagai permainan yang lainnya contohnya mandi bola yang membuat anak-anak semakin betah dan tak ingin pulang. Ada juga museum di kebun binatang tersebut. Dimuseum itu juga terdapat berbagai binatang yang diawetkan. Didalam kebun binatang ini, terdapat juga kolam renang biasanya anak-anak dari sekolah taman kanak-kanak yang sering berenang disini sebagai rekreasi mereka. Jika hari besar apalagi hari libur, kebun binatang ini selalu ramai dengan bus besar, mobil hingga sepeda motor yang memenuhi lahan parkiran.









Di kotaku ini juga terdapat toko roti yang cukup terkenal yaitu “GANDA”. Ganda merupakan salah satu khas dari siantar ini. Jika ada orang luar datang kesini, maka sebagian besar ganda lah yang dipilih sebagai oleh-oleh. Ganda memiliki rasa selai yang khas seperti srikaya yang saya sangat suka. Toko ganda ini pun selalu dipenuhi oleh pembeli. Letak toko ini ditengah kota sehingga orang-orang yang datang dari luar pun mudah untuk menemukannya. Berbagai jenis roti dijual disini. Toko roti ini juga sudah sangat lama dan merupakan toko roti tertua. Dari saya kecil toko roti ini sudah ada dan menjadi favorit.




Tidak jauh dari pusat kota, disini juga ada waterpark yang menjadi salah satu tempat rekreasi para anak-anak ketika libur sekolah. Bukan hanya anak-anak, banyak juga para remaja datang kesini untuk berenang. Biaya masuknya cukup mahal tetapi tetap saja ramai dan banyak pengunjung yang datang apalagi ketika hari libur. Masuk kesini dilarang membawa makanan karena mereka takut para pengunjung tidak dapat menjaga kebersihan.



 Siantar juga tidak jauh dari perkebunan teh. Perkebunan teh disini dinamakan “SIDAMANIK”. Di kebun teh ini sangat sejuk seperti dipuncak-puncak gitu,hehe. Disini juga terdapat air terjun yang indah looo.




Kotaku, tepatnya rumahku tidak jauh dari Danau Toba. Yaa sekitar 30 menit dari rumah. Danau terluas seIndonesia ini sangat terkenal dengan keindahannya. Banyak turis mengunjungi dan menginap di hotel sekitaran danau ini. Ditengah-tengah danau ini juga terdapat pulau yaitu Pulau Samosir. Tak sedikit orang datang kedanau ini dan menyebrang sampai ke Pulau Samosir. Di sekitaran danau dan di pulau tersebut banyak orang-orang sekitar menjual pernak-pernik hingga buah-buahan sebagai oleh-oleh.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar